Daftar Isi

Kota-Kota Paling Berbahaya di Dunia

kemajuan industri dan pertambangan memang bisa meningkatkan perekonomian rakyat yang berada di sekitar industri. namun disaat yang bersamaan kota tersebut menjadi kota yang berbahaya bagi penduduknya. inilah kota kota paling berbahaya di dunia.


1. Chernobyl - Ukraina



merupakan kota normal di wilayah ukraina. namun pada 6 April 1986.ketika penduduk sedang terlelap. terjadi ledakan dahsyat. yang mengubah hidup penduduk chernobyl. ledakan ini berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir yang ada di kota tersebut. dalam hitungan detik ledakan itu membumi hanguskan kota tersebut dan melepaskan radioaktif 400kali lebih besar daripada bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. dampak ledakan ini bahkan sampai di kepulauan Inggris. bencana ini juga tercatat sebagai bencana terbesar buatan manusia sepanjang masa. 50 orang tewas saat tragedi tersebut.jumlah korban yang terkena radiasi masih bervariasi. Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyatakan korban radiasi mencapai 9000 Orang. Organisasi Lingkungan Hidup Green Peace mengklaim jumlahnya 93000 Orang. Mereka yang terkena radiasi mengalami penyakit mematikan mulai dari Leukimia, Kanker hingga penyakit Kardivaskular.
Selain itu anak anak Chernobyl yang orang tuanya terkena radiasi terlahir cacat. ada yang cacat fisik ada juga yang cacat mental. setelah ledakan Kru Darurat menguber dengan beton besar yang dikenal sarcropagus. untuk membendung radiasi nuklir yang masih tersisa. namun surat kabar Polandia melaporkan konstruksi bangunan tersebut telah mengalami kerusakan. beberapa beton berlubang dan memungkinkan tikus keluar masuk lubang tersebut. ini sangat membahayakan karena radiasi bisa menyebar lagi dan membahayakan eropa. meskipun penduduk sudah diperingatkan untuk meninggalkan Chernobyl  masih ada yang tak mau pergi dari kota maut itu. mereka lebih baik mati terkena radiasi daripada mengungsi dikota yang mereka tak kenal. hingga saat ini pemerintah Ukraina dan Rusia masih membayar tunjangan untuk 7juta orang yang terkena dampak bencana itu. 


2. Liften - Tiongkok



Kota Linfen di Tiongkok ini mendapat predikat sebagai Kota tercemar di dunia menurut majalah Times. 3 Juta Penduduk itu harus terganggu dengan batubara dan polutan setiap harinya. ada tambang batubara yang sangat besar di Kota ini. dengan memproduksi 50 Juta Ton pertahun. di sebuah perbukitan di kota Linfen. setiap harinya ratusan penduduk dirawat di Rumah Sakit karena kondisi pernafasan. seperti paru paru hitam, bronhitis dan asma. beberapa penyakit lainnya bahkan lebih parah seperti Penomonia dan kanker paru-paru. anak-anak disini juga memiliki tingkat keracunan timbal yang tinggi. pagi, siang dan sore tidak menemukan udara bersih di kota ini. sejauh mata memandang, hanya kabut polusi yang menghiasi kota ini. lebih parahnya jika kita menjemur pakaian di luar rumah. maka ketika kering. malah berubah warna menjadi hitam karena udara yang kotor.

3. Dzerzhinsk - Russia



penduduk di kota ini sekarang tak bisa bermimpi untuk bisa hidup panjang. karena rata rata usia hidup mereka hanya sampai umur 40an Tahun. Pria biasanya meninggal pada usia 42 Tahun. sedangkan wanita di usia 47 tahun. penyebab rendahnya usia hidup penduduk di kota ini berasal dari 300ribu Ton limbah kimia yang dibuang ke kota ini. kota yang sebelumnya pernah memegang rekor sebagai kota paling tercemar di dunia ini pernah sebagai pembuatan senjata kimia Uni Sovyet pada tahun 1930. sisa sisa pembuatan senjata inilah yang mencemari kota. Air dan tanah sudah terkontaminasi dengan bahan kimia yang berpotensi mematikan. beberapa neorotoksin berbahaya juga memenuhi perairan mereka. pada tahun 2003. tingkat kematian di kota ini mencapai 206% melampaui angka kelahiran mereka. tidak ada yang bisa menyelamatkan kota ini. beberapa penduduk lebih meninggalkan kota ini daripada hidup di waktu yang singkat.

4. Kabwe -  Zambia


 Kota Kabwe di Zambia sempat berjaya di abad 20, ketika timah ditemukan di kota tersebut. semua penduduk datang ke kota tersebut untuk menambang timah. tidak cuma penduduk, perusahaanpun mencoba meraup keuntungan dari kekayaan Kabwe. namun mereka tak tahu bahwa logam ini bisa membahayakan bagi kesehatan manusia. setelah lebih dari 100tahun kegiatan pertambangan berlangsung, Kabwe merupakan kota yang paling tercemar di dunia. 250Ribu orang berpotensi terkontaminasi timbal termasuk anak anak. kandungan timbal dan timah di kota ini berjumlah 10 kali kadar yang dianggap aman. tak hanya penduduk, tanah disanapun juga terkontaminasi hingga apapun yang ditanam tak bisa tumbuh. perekonomian rakyatpun semakin terpuruk, beberapa warga yang masih tinggal di Kabwe memilih melanjutkan pertambangan walaupun dilarang. mereka menambang dengan cara tradisional. untuk menyambung hidup mereka. walaupun berbahaya mereka tetap melakukannya. bahwa mereka sudah mengerti bahwa tubuh mereka sudah terlanjur terkontaminasi oleh timah tersebut.

5. Sumgayit - Azerbaijan


 Sumgayit merupakan kota terbesar ketiga di Azerbaijan. dengan populasi sekitar 300ribu orang. kota ini didirika tahun 1949 dan sebagai kota industri yang memiliki 40 pabrik manufaktur bahan kimia industri dan pertanian. setiap hari pabrik pabrik ini neroperasi penuh. dan menghasilkan 700ribu ton emisi setiap tahunnya.  tidak hanya emisi yang mencemari udara, limbah pabrik juga mengotori laut Kaspia yang dekat dengan pemukiman penduduk. keadaan ini membuat penduduk kota ini beresiko terkena kanker tingkat tinggi.  51% penduduk berpotensi menderita penyakit kanker 8% diantaranya meninggal karena kanker ganas. yang lebih menakutkan lagi. Sumgayit lebih dikenal dengan kuburan bayi. sebagian besar bayi terlahir dengan kelainan fisik parah dan cacat mental. beberapa orangtua yang tak tega melihat anaknya. akhirnya membunuh anaknya sendiri. beberapa anak meninggal di usia dini karena tidak bisa bertahan. sekarang ini sebagian pabrik telah ditutup. namun polutan masih tetap ada. setiap hari penduduk harus bersentuhan dengan logam berat. produk kimia dan racun merkuri. tingkat kematian mencapai 50%.


No comments:

Post a Comment

CEBONG IRENG Site by Cebongireng CORP | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.