Daftar Isi

penyebab kebakaran hutan di indonesia. penyebab asap kejam



belakangan ini yang dibahas selalu asap dan asap. apakah anda malah menjadi korban kekejaman asap ini? di indonesia masalah asap sudah menjadi rahasia umum. karena masalah asap ini terjadi dari tahun ke tahun saat kemarau panjang. sampai sampai tetangga Malaysia dan Singapura tak pernah lelah untuk protes karena mereka selalu ikut menjadi korban. karena setiap tahun selalu terjadi maka banyak pertanyaan, kenapa kabut asap bisa terjadi?

10 % dari daratan Indonesia adalah lahan gambut. dimana banyak ditemukan di pulau sumatera kalimantan dan papua. Lahan Gambut merupakan lahan basah yang isinya banyak mengandung carbon. ( C ). karena ia terbentuk dari sisa sisa tumbuhan yang setengah membusuk.  umumnya gambut sulit dibakar, tapi saat dikeringkan gambut menjadi sangat mudah terbakar. karena kandungan karbonnya yang tinggi. ia dapat berubah menjadi tungku api raksasa yang menghasilkan asap 3X lebih besar dari kebakaran biasa. kemudian terbakarnya lahan gambut tersebut meskipun tak semua tapi banyak disebabkan dari para perusahaan perusahaan nakal. mereka membakar hutan untuk dijadikan lahan pertanian baru. dengan mengeringkan lahan gambut tersebut ditambah kemarau setiap tahunnya mereka sangat mudah dan sangat senang membakar hutan tersebut yang apinya bisa bertahan berminggu minggu.
faktanya adalah itu sangat masuk akal bagi mereka. hanya dengan mengupah orang 500.000 saja maka berhektar hektar lahan baru siap ditanami. tampilan itu jelas lebih menguntungkan ketimbang mengeluarkan dana 5-7 juta rupiah per hektar untuk membersihkan lahan menggunakan alat alat berat. masalah kabut asap ini sudah tak tertangani pada tahun 1990an.di jambi sendiri index standart pencemaran udara sudah mencapai 601. 2X lipat dari batas udara aman. yang sebenarnya udara tersebut sudah sangat berbahaya untuk dihirup.



apakah kita perlu menunggu korban jiwa atau korban anak anak kondisi kritis akibat kabut asap tersebut.

lalu apa yang bisa kita lakukan/?
tetntu saja sudah saatnya kita melakukan solusi permanen bukan solusi jangka pendek lagi. perbincangkanlah kabar ini dimana mana karena nyatanya masih banyak orang belum tahu khusunya bagi yang jauh dari daerah yang terkena bencana. dan menganggap hal ini adalah hal sepele. dengan hal tersebut kita melakukan orasi tidak hanya ke masyarakat tapi juga ke pemerintah untuk bertindak lebih tegas dan lebih berani. seperti mengetatkan izin pembukaan lahan, tindak keras para perusahaan nakal dan membuat data kehutanan yang dapat diakses publik. sehingga hutan kita dapat dilindungi. oleh karena itu ayo kita

#melawanasap


baca juga artikel-artikel menarik dibawah ini :


No comments:

Post a Comment

CEBONG IRENG Site by Cebongireng CORP | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.